Cara Menghapus Toxic Link, Mengapa dan Bagaimana?

Cara Menghapus Toxic Link

Sebelumnya, kita telah membahas tentang cara backlink building website. Sekarang kita membahas tentang cara menghapus toxic link. 

Apa itu toxic link, mengapa harus di hapus dan bagaimana caranya? Mari kita bahas lebih jauh.

Apa itu Toxic Link

Banyak pakar SEO mengatakan bahwa backlink memegang peranan besar pada peringkat website. Hal ini benar adanya dan penting untuk backlink building. 

Namun, tidak semua link tersebut baik karena ada beberapa diantaranya yang sifatnya toxic (beracun) dan memberi performa buruk pada SEO.

Karenanya, menolak atau menghapus link tersebut dapat memberikan pengaruh yang besar pada SEO di websitemu. Tentu dibutuhkan tools khusus dan hanya para profesional yang dapat melakukan hal ini dengan baik.  

Pendapat Google Tentang Menolak Link

Sebelumnya terdapat kasus dimana sebuah ecommerce menghapus banyak backlink yang ada di websitenya. Akibatnya adalah peringkat situs tersebut menurun drastis dari yang seharusnya. Kemudian pemiliknya bertanya apakah mereka harus menambahkan link tersebut kembali atau tidak.

Menanggapi hal tersebut Google berpendapat bahwa kamu tidak perlu menghapus link yang ada dan jika telah dihapus maka tambahkanlah kembali jika memungkinkan. Kecuali, jika terdapat link-link yang bermasalah sehingga harus segera dihapus. Karena link seperti ini tidak memberikan nilai tambah pada strategi SEO mu.

Cara Menghapus Toxic  Link  

Sekarang muncul pertanyaan apa sih link bermasalah tersebut? Serta bagaimana cara terbaik untuk menghapus link tersebut. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan panduan di bawah ini, yaitu:

Fokus Hanya Pada Link yang Bermasalah

Alat penghapus link ini ada yang dimiliki oleh Google dan berperan penting untuk meningkatkan peringkat situsmu. Namun, pemakaian tools ini harus dilakukan dengan hati-hati. Karena jika digunakan secara sembarangan maka yang ada link-link baik akan ikut terhapus dan rank website akan menurun.

Jadi, kamu bisa melihat apa saja link yang masuk ke website yang dimiliki. Beberapa link tersebut mungkin berkaitan atau tidak dengan halaman situsmu. Namun, perbedaan tersebut belum berarti backlinknya buruk.

Kamu harus memeriksa semua link tersebut untuk mengidentifikasi apa saja tautan yang buruk. Kemudian meminta Google untuk menghapus link toxic tersebut.

Selain itu, memiliki banyak link tidak selamanya baik. Karena hanya link berkualitas yang bersumber dari website yang memiliki domain dan page authority tinggilah yang memberikan efek langsung pada peringkat websitemu.

Walaupun Perusahaan, Tapi Nilai Website Tetap Sama

Kondisi perusahaan dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, website yang ada jangan ikut berubah. Karena postingan yang ada tentu memiliki berbagai backlink dan link tersebut jangan kamu hapus atau ganti.

Mengapa? Karena perubahan pada perusahaan secara menyeluruh mungkin akan memberikan pembahasan yang berbeda. Namun, link yang telah kamu peroleh sebelum nya bersumber dari situs yang terpercaya sehingga akan memberikan dampak buruk pada SEO jika dihapus.

Karena dengan menjaga link tersebut, kamu akan tetap bertahan di halaman pertama Google walaupun inti perusahaan dan usaha yang dijalankan telah berganti.

Perhatikan Dengan Seksama Link yang Diperoleh

Kamu harus berhati-hati darimana memperoleh backlink di website masing-masing. Karena bisa jadi, kamu memperoleh link dari black hat SEO dan hal ini berpotensi pada pemberian penalti dari Google.

Karenanya, kamu harus periksa dan perhatikan setiap link yang masuk. Jika sumbernya tidak jelas maka segera hapus. Jika tidak maka pertahankanlah link tersebut.

Cara Mendapatkan Link yang Baik

Memperoleh link yang baik tentunya sangat dianjurkan dan hal ini sifatnya mutlak. Kamu bisa mencoba beberapa cara yang ada di bawah ini, yaitu:

Membuat Artikel Berkualitas

Membuat konten berkualitas merupakan hal mutlak bagi setiap situs. Konten ini bisa berupa tulisan artikel, tutorial, video, infografis dan lainnya. Namun, konten tersebut haruslah dibuat dengan baik dan pastikan memiliki nilai lebih sehingga diminati para pembaca.

Konten tersebut akan menarik banyak perhatian publik dan menjadikan situsmu sebagai acuan. Salah satu buktinya adalah dengan memberikan backlink kepada situs yang kamu miliki. Para pemiliki situs yang serius tentu ingin membangun link dari situs yang kompeten, kredibel dan isinya dapat dipertanggungjawabkan. 

Nah, cara ini tidak hanya baik untuk backlink building tetapi juga membangun image yang baik secara digital.

Menjadi Penulis Tamu di Website Lain

Cara lain yang bisa kamu coba adalah menjadi penulis tamu di website atau blog milik orang lain. Pastikan tulisan yang dibuat memiliki kualitas tinggi serta informasinya valid. Karena, artikel seperti inilah yang dicari banyak orang.

Nah, ketika menulis di website tersebut kamu harus membuat link ke website yang kamu miliki. Namun, perhatikan apakah topik dan pembahasan yang ada relevan atau tidak. Jika tidak relevan maka pemilik situs tempat Anda menulis akan menghapusnya sewaktu-waktu.

Bagaimana Menghapus Link yang Memberikan Penalti Dari GoogleSetelah mengetahui link apa saja yang harus dihapus, maka sekarang kamu harus tahu proses eliminasi link tersebut.

Sebelumnya kamu harus akses backlink profile sendiri dengan memakai tool Google Webmaster Tools. Dari tools ini, kamu bisa melihat semua link yang masuk, anchor text yang dipakai dan lainnya. Perhatikan apakah ada link yang bermasalah dan prioritaskan hal ini.

Setelah itu, segera hubungi pemilik backlink tersebut dan meminta mereka untuk menghapus link yang ada. Cara ini sangat baik dan diapresiasi oleh Google. Karena kamu telah berusaha menghubungi dan menghapus link yang ada dengan cara baik-baik. 

Hal ini juga bermanfaat bagi orang lain karena pemilik website memiliki banyak waktu untuk menghapus link tersebut. Selain itu, pemilik website tersebut jadi memperhatikan situsnya dengan lebih baik dan berusaha meningkatkan page dan domain authority-nya.

Baca refrensi sumber backlink otoritas tinggi untuk SEO berikut ini;

Bagaimana Cara Menghapus Backlink SPAM Menggunakan Tool 

Perhatian: cara ini hanya diperuntukkan kepada para ahlinya. Jika kamu tidak tahu cara memakainya maka jangan coba-coba. Lebih baik memakai jasa webmaster daripada nanti websitemu menjadi kaceu balau. Adapun caranya antara lain:

Pertama, bukalah Google Search Console dan klik links. Lalu, klik export external link yang berada di sisi kanan atas. Kemudian klik link yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memakai tools lain jika ingin memperoleh banyak link tersebut seperti Moz, ahrefs, dan Majestic.

Kedua, gabung link yang telah kamu kumpulkan pada satu file khusus. Dari semua link tersebut berilah catatan mana yang ingin disimpan, hapus atau diganti. Kamu bisa mencatat hal ini di ms.excel ataupun notepad bergantung pada selera masing-masing.

Selanjutnya kamu pilih domain yang ingin linknya kamu hapus. Lalu klik disavow link dan upload teks filenya.

Kamu mungkin menyimpan file ini jika ingin menambahkan link tertentu pada bagian yang telah dihapus sebelumnya. Kamu juga butuh link asli yang telah dihapus tersebut agar tidak ada jejaknya lagi di situsmu.

Cara menghapus link tidak bisa dilakukan dengan cepat, karena Google membutuhkan waktu untuk memeriksa semua situsmu kembali. Efek menghapus link ini biasanya akan terasa dalam waktu beberapa bulan.

Namun, jika kamu salah menghapus link. Maka, kamu bisa bisa menyingkirkannya dari list yang dihapus sebelumnya dan input kembali link tersebut. Namun, proses dan efek dari langkah akan berlangsung lebih lama daripada saat kamu menghapus link sebelumnya.

Cara ini sangat penting untuk diketahui. Karena dengan bantuan tools tersebut, kamu bisa menyusun backlink building yang terbaik sehingga peringkat website dapat meningkat dengan pesat.