Syarat Backlink Yang Baik

Sepanjang waktu, Google melakukan update algoritma mesin pencarinya. Tujuannya untuk memberi jawaban yang lebih memuaskan pada pengguna mereka. Ini berdampak tentang bagaimana Google memberi peringkat pada sebuah situs. Termasuk cara Google memandang backlink sebagai salah satu sinyal yang diperhitungkan. 

Tidak ada konfirmasi pasti, apa yang dinilai Google tentang sebuah backlink. Namun, sebagian besar pakar SEO memiliki kesepakatan bahwa, backlink memberi pengaruh cukup signifikan. Sehingga, strategi backlink diluar sana berkembang ke segala arah. Menurut asumsi yang dilandasi pengalaman masing-masing. 

Jika Anda pemula, wajar jika sedikit bingung untuk mengambil sebuah kesimpulan. Khususnya tentang apa saja syarat backlink yang baik untuk SEO. 

 

Kita sudah tahu bahwa, backlink berkualitas tinggi mampu memberi dampak pada SEO. Namun, jika salah strategi, backlink justru memberi racun yang dapat menenggelamkan situs Anda ke halaman paling belakang. Jadi berhati-hatilah… https://t.co/Ow1HdnHKug lewat @garuda_web

— Stalker Game – Blog Games (@JasaSeo07) March 12, 2021

Artikel ini sendiri, bukan standar baku teknik link building. Namun, selain pengalaman juga merujuk dari beberapa teori yang di dapat dari situs terkemuka di dunia. Seperti, searchenginejournal.com, Ahref, MOZ, Semrush dan lainnya. 

Syarat backlink yang baik dan cara mendapatkannya

Berikut ini adalah gambaran syarat backlink yang baik dan proses pembuatannya. Detailnya dapat saja berubah dari satu topik ke topik lainnya. Perlu penyesuaian dengan situasi Anda. Namun ini dapat menjadi semacam kerangka kerja. Karena polanya sama.  

Syarat backlink yang baik adalah yang memberi nilai atau pengalaman berharga pada pengguna. Ini artinya harus relevan dan berfungsi sebagaimana mestinya sebuah tautan. Baca: Apa itu hyperlink?

Google sangat menghargai sebuah backlink yang terjadi secara alami. Bukan semata-mata untuk tujuan SEO apalagi strategi untuk mengelabui algoritma Google. Mungkin saja, Anda dapat berhasil saat ini, tapi, itu tidak akan berlangsung lama. Saat Google melakukan pembaharuan, Anda berpotensi mendapat hukuman. 

Mari kita lihat lebih jauh syarat backlink yang baik dan cara mendapatkanya. Diantaranya adalah; 

Menjangkau Backlink Alami melalui Halaman Solusi

Strategi membuat backlink yang baik adalah mengidentifikasi masalah yang perlu diselesaikan, kemudian membuat konten yang menyelesaikan masalah tersebut. Ini bisa menjadi inti dari syarat backlink  yang baik itu.

Beberapa orang berpendapat, dan saya berharap Anda juga sepakat bahwa, sulit untuk mendapat backlink ke halaman produk atau layanan yang di jual. Apalagi secara alami. 

Itu benar sangat benar anak muda! 

Itulah alasannya mengapa membangun backlink ke Halaman Solusi adalah strategi terbaik dan layak untuk diperjuangkan. 

Solusi terbaru dan benar-benar berguna, seringkali lebih mudah untuk mendorong orang-orang untuk memberi tautan sebagai sumber refrensi. Dan biasanya, ini sifatnya sukarela. 

Caranya: 

  • Sejak bermunculan platform yang lebih memudahkan, seperti Youtube, Media Sosial, dan lainnya, orang mulai cenderung menyukai alternatif. Bentuk distribusi konten menjadi semakin beragam. Sadari tentang fakta ini. Lalu,
  • Cari tahu di mana audiens Anda berada, kemudian muncullah dengan konten yang memberi gambaran tentang cara memecahkan masalah mereka. Buat konten berkualitas! Itu artinya enak dikonsumsi dan bermanfaat. Sesuaikan dengan konteks di mana audiens Anda berada.
  • Orang-orang terdorong untuk memberi tautan pada halaman yang memberi solusi.
  • Anda juga dapat menepatkan tautan yang mengarah kehalaman solusi di situs Anda. Pastikan bahwa, halaman tujuan tautan tersebut mampu memuaskan mereka.  

Backlink yang berada pada konten yang memiliki aktivitas dan mendapat click adalah syarat backlink yang baik untuk SEO. 

Sepertinya ini rumit dan memakan waktu. Iya.. pasti, tapi hasil berupa peringkat di halaman Google layak untuk diperjuangkan. 

Jangan Menjadi Virus – Bermanfaatlah

Seperti yang sudah disebutkan di awal, kebergunaan adalah kunci backlink yang baik untuk SEO. Berfungsi memberi nilai adalah penting untuk backlink berkualitas dan bertahan lama. 

Cara mendapatkan backlink jenis ini, jelas berbeda dengan strategi tautan viral. Seperti virus yang menjalar kemana-mana. Berupaya memicu emosional untuk meraih click tanpa memberi nilai lebih.

Mendapat click dari backlink jenis ini, sepertinya bagus. Tapi, ketika pengguna mendarat pada halaman yang tidak relevan dan bukan solusi mereka, jelas akan meningkatkan bounce rate pada situs Anda. Itu artinya, algoritma Google akan menilai bahwa halaman Anda tidak relavan untuk audiens yang sebenarnya adalah target Anda.   

Backlink yang viral itu memang seksi. Karena ini berhubungan dengan kuantitas. Jumlah yang banyak sepertinya akan berbuat banyak untuk SEO Anda. Saya sebagai salah satu penyedia jasa backlink jelas berharap para pelaku SEO membeli backlink dalam jumlah banyak. Yang artinya, saya mendapat uang yang banyak pula. 

Berfokus pada kualitas itu lebih baik. Dan kualitas dengan kuantitas yang cukup, itu sempurna.

Membangun backlink sebenarnya bukan tentang jumlah. Ini tentang bagaimana sebuah tautan memberi dampat pada peringkat dan penujualan Anda. 

Algoritme Google terus bertumbuh semakin pintar. Semakin cerdas dalam memilah antara daging an tulang. Terus bergerak dan menjauh dari faktor berbasis quantity. Jumlah backlink sudah tidak penting lagi. 

Ini yang menjadi alasan strategi viral dan link bait menjadi tidak relevan lagi. Karena biasanya tidak memberi sesuatu yang relevan. Kecuali, Anda dapat mendapatkan viral dan relevansi yang tinggi. Itu artinya hebat!

Jadi, syarat backlink yang baik menurut saya, Anda sebaiknya berfokus membuat tautan; entah dimana pun itu, dan pastikan bermanfaat yang mendorong dikunjungi pengguna, lalu mereka kembali. Bahkan mereka melakukan bookmark, dibagikan di media sosial, hinga ditautkan oleh pengguna lainnya. 

Ini adalah ciri khas backlink yang baik dan sangat disukai Google. Jika Anda dapat membuatnya, maka hanya soal waktu, situs Anda akan dihormati dan tentunya mendapat posisi terbaik di halaman mesin pencari Google. 

Membangun Hubungan dengan Orang Bukan Situs

Sepanjang sejarah update algoritma Google, mereka konsisten untuk memberi sesuatu yang lebih baik pada pengguna mesin pencari mereka. Jadi, mereka berfokus pada orang. 

Ada banyak sumber backlink gratis diluar sana. Silahkan kunjungi halaman ini:

Oke.. simpan atau bookmark dulu halaman daftar backlink gratis itu. Ini akan kita gunakan untuk mendapat sumber backlink. 
Sumber backlink ini bisa menjadi sampah atau memberi sesuatu yang beguna baik Anda. Orang-orang diluar sana, sebagian besar sudah tahu tentang ini. Tapi, pemenang adalah orang yang bersungguh-sungguh dan melakukan segala sesuatunya dengan benar. 
Dari sebagian besar pendapat SEO dan Google juga mengkonfimasi, backlink yang berkualitas adalah jenis tautan relevan dan memberi pengalaman berharga pada pengguna. 
Jadi, fokus pada pengguna bukan pada SEO nya. 
Siapa pun dapat dengan mudah mendapat backlink dari sumber gratis ini. Tapi, Anda dapat muncul sebagai pemenang di antara jutaan orang yang berjuang untuk SEO. 
Caranya, cukup sederhana. Anda harus mampu untuk membuat konten berkualitas yang memberi manfaat bagi pengguna. Tempatkan tautan Anda dengan anchor teks yang mengundang click dan mengarah pada halaman yang benar-benar ingin dibaca oleh pengguna. 
Pastikan, halaman tujuan link yang Anda buat, adalah penting. Dan menjadi solusi. Pastikan, saat pengguna melakukan click, mereka benar-benar mendapat manfaat di halaman tersebut. Jika tidak, itu akan berdampak pada bounce rate. Yang mengakibatkan, tautan tersebut menjadi racun!
Contoh Link: Artikel

Mengemis Backlink

Mengemis baclink! Kesannya seperti hina sekali. Tapi ini salah satu cara bagus untuk mendapatkan backlink berkualitas. 
Saya telah melakukan dan itu berhasil. Bahkan pada beberapa situs berkualitas. 
Pemilik situs, sebenarnya tidak memiliki kerugian untuk menambah satu atau dua tautan kelaur untuk konten mereka. Dan ketika Anda dapat melakukannya dengan benar, mereka seringkali cukup ramah. 
 
Saya mendapat baclink dari situs yang memiliki traffic tinggi untuk Garuda Website. 

Cara terbaik untuk menghubungi seseorang adalah dengan berkata, “Hai”.

Selanjutnya, jelaskan secara singkat dan sopan tentang maksudnya. Tapi, bersiaplah untuk mendapat banyak kegagalan.

Guest Posting 

Sampai saat ini, Guest Post dapat dikatakan sebagai salah satu strategi link building yang cukup baik. Guest Post adalah istilah yang merujuk pada aktivitas dimana Anda, membuat konten yang di posting pada situs orang lain. 
Diluaran sana, ada cukup banyak situs yang menerima Guest Post. Anda dapat mencari situs yang relevan dengan niche bisnis Anda. Pastikan bahwa, pemilik web yang menjadi tujuan Guest Post, bersedia memberikan Anda tautan sebagai balas kompensasi dari artikel yang Anda buat. 
Cara cepat, Anda dapat menggunakan layanan Guest Post berbayar. Ini bukan berarti Anda membeli backlink, tapi Anda membayar atas waktu dan profesionalitas mereka. Pengalaman mereka, memastikan strategi yang digunakan akan berdampak cukup bagus terhadap SEO.

Kesimpulan

Saya tahu bahwa “fokus pada manusia” terdengar seperti kata-kata kosong yang tidak begitu kuat masuk kedalam pikiran Anda. Ini seperti bukan strategi hebat dari seorang ahli. 

Tapi ketahuilah, saya sepanjang tahun, bekerja sebagai penyedia jasa SEO dan jasa backlink. Jelas telah melihat berbagai fakta tentang peringkat naik dan turun. Telah mencoba cukup banyak cara untuk membuat backlink yang berdampak pada SEO.  

Ada dasar ilmiah yang nyata untuk pendekatan berfokus pada orang. Alasan utamanya adalah; algoritme Google disesuaikan untuk menyenangkan orang. Jadi, ketika Anda membuat karya yang mampu menyentuh orang, itu akan berdampak bagus dalam jangka waktu yang lama. 

Semua metode diatas adalah cara untuk membangun otoritas, mengembangkan lalu lintas, dan membuat situs Anda dikenal. Dan sebagai pengikat dari seluruh strategi ini adalah; berfokus pada orang! Urusan peringkat, hanya Google-lah yang tahu. 

Google senantiasa tutup mulut tentang syarat backlink yang baik untuk SEO. 

You May Also Like

Cara Memilih Mitra Agensi Digital

Baru-baru ini, kami menerima undangan tender (ITT) untuk membuat website, bersama dengan…

Cara Membuat Backlink Untuk Situs Portal Berita

Backlink Building Strategi Cara membuat backlink untuk situs portal berita, sebenarnya saya…

Memaksimalkan Jejak SEO Anda menggunakan Link Building Metode Footprint

Saat ini, Pengoptimalan Mesin Pencari sudah merupakan keharusan. Alasannya sederhana, namun juga…

5 Cara Backlink Building Website Yang Ampuh dan Kuat

SEO (search engine optimization) digunakan agar website bisa memperoleh peringkat terbaik di…