7 Cara Ampuh Menaikan Peringkat Video dengan Backlink Building

Link Building Video
Sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan Youtube. Platform ini memiliki peran besar dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki popularitas yang tidak kalah dengan website. Walaupun demikian, Anda bisa memakai cara yang sama untuk meningkatkan peringkat video dengan SEO terutama backlink building.

Namun, tidak semua teknik SEO Off Page bisa dipakai untuk video. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat video yang unik, menarik, dan memiliki nilai tambah kepada para penonton. Karena, membangun backlink untuk video akan menjadi sia-sia jika videonya sendiri tidak bagus. 

Inilah mengapa content creator, video editor, produser dan lainnya banyak dicari para youtuber besar saat ini. Karena, membuat video yang bagus tidaklah semudah yang dibayangkan karena terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Akan tetapi, Anda dapat meningkatkan peringkat video tersebut dengan beberapa cara ini, yaitu:

Cara Ampuh Menaikan Peringkat Video dengan Backlink Building

Berikut adalah 7 cara efektif meningkatkan peringkat Video dengan backlink building yang ideal;

Pilih Platform yang Tepat #1

Kebanyakan orang (terutama Indonesia) hanya tahu bahwa Youtube-lah platform video yang tersedia saat ini. Padahal terdapat platform lain yang serupa seperti Vimeo, Vidio, TED, Dailymotion dan lainnya.

Semua platform tersebut sudah banyak dikenal secara global tetapi bagi masyarakat Indonesia mungkin tidak demikian. Karenanya, lebih baik Anda memilih Youtube karena banyak dikenal terutama untuk ranah nasional.

Selain itu, mesin pencari seperti Google memiliki peringkat sendiri dalam menilai setiap platform tersebut. Dan, Youtube merupakan platform dengan peringkat tertinggi saat ini. Jadi, jika Anda ingin videonya banyak dilirik penonton maka pilihlah Youtube.

Baca juga: Rilis Terbaru: 101 HQ Backlink Gratis Dofollow

Keyword #2 

Para pakar SEO pasti tidak asing dengan keyword. Walaupun untuk backlink building, kata kunci tetaplah penting karena Google dapat mencari situs atau video yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

Namun, apakah hal ini berlaku untuk video? Tentu saja.

Karena, dengan memakai kata kunci yang tepat, maka user lain dapat menemukan info yang mereka butuhkan baik dalam bentuk teks ataupun video dengan mudah. 

Keberadaan video ini sangat membantu banyak orang karena beberapa pihak lebih suka melihat video untuk menyelesaikan keperluaannya. Contohnya saja, para gamer yang ingin unlock event atau item tertentu, pelajar yang ingin belajar materi tertentu step by step, teknisi laptop yang ingin melihat proses membongkar laptop yang baik dan benar dan lainnya.

Sebenarnya, mereka bisa mengetahui hal ini melalui teks. Tetapi, melihat semua prosesnya dari video tentu lebih praktis dan lebih mudah dipraktikkan. 

Penjelasan di atas hanya menunjukkan bagaimana pentingnya video sehingga banyak yang membutuhkannya. Nah, jika video tersebut disematkan dengan keyword yang tepat maka hasilnya aan lebih maksimal.

Buat Video Berkualitas #3 

Backlink building yang bagus akan berhasil jika website atau video yang Anda buat juga bagus. Karena, orang-orang tidak akan mau menautkan link ke video Anda jika kualitasnya buruk. Nah, kualitas yang dimaksud tidak hanya isi kontennya tetapi juga kualitas videonya. Oleh karena itu, setiap video maker harus bisa membuat video dengan kualitas HD atau lebih. Jika ini dibalut dengan konten yang berkualitas maka orang-orang pasti akan menyukainya.

Namun, tidak semua video berkualitas disukai banyak orang. Karena bagaimanapun juga setiap orang punya kesukaan yang berbeda-beda. Karenanya Anda harus bisa melihat segmentasi penonton dan fokus pada tema tertentu. 

Jadi, Anda bisa membuat channel dengan video yang fokus tentang review game, walkthrough, 

Sosial Media #4 

Membuat postingan di media sosial juga bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan backlink dengan jumlah dan kualitas yang tinggi. Sosial media seperti Instagram tentu sudah terbiasa dengan postingan berbentuk video walaupun untuk durasi lebih pendek.

Anda bisa membuat konten Instagram berdasarkan video Youtube yang ada. Namun, Anda harus bisa memotong video berdurasi panjang menjadi lebih singkat namun tetap menarik. Cara lainnya, Anda bisa membuat video pendek dengan akhir yang nanggung. Terus berikan link videonya sehingga user lain tertarik membuka link tersebut.

Jika video yang Anda buat menghibur, memiliki value dan kualitasnya tinggi maka pemilik akun sosmed lain akan memakai video Anda. Biasanya mereka memberikan tautan yang mengarah ke video tersebut.

Website #5

Backlink bulding video juga bisa bersumber dari website. Mengapa? Karena jumlah website sekarang sangat banyak. Website dengan domain authority serta page authority juga bertebaran di internet. Jika Anda bisa membuat pemilik website tersebut untuk memberikan link ke video Anda maka hasilnya akan luar biasa.

Oleh karena itu, pastikan niche video yang dimiliki sesuai dengan website mereka. Selain itu perhatikan kualitas konten dan videonya agar pemilik website mau memberikan link yang Anda butuhkan.

Kolaborasi #6 

Melakukan kolaborasi dengan pemilikchannel Youtube lainnya juga bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan backlink berkualitas serta view yang tinggi. Mengapa? Karena Anda bisa memanfaatkan penonton dari channel lain untuk melihat video yang Anda miliki.

Pihak yang berkolaborasi pastinya memberikan link yang mengarah ke channel Anda. Jika teman kolaborasi cukup terkenal maka peluang Anda untuk mendapatkan subscriber akan tinggi.

Pada awalnya Google mungkin menilai video kolaborasi dari channel teman Anda lebih tinggi daripada yang dimiliki. Namun, cara ini bisa memancing pihak lain untuk melirik channel Anda. Jadi, video-video yang telah Anda upload akan dilihat banyak orang.

Jadi, peringkat yang ada di Google menjadi pemicu perkembangan channel sendiri. Inilah salah satu alasan mengapa banyak Youtuber yang melakukan kolaborasi dengan upload video tersebut di channelnya masing-masing.

Tentu lebih baik untuk bekerjasama dengan sesame Youtuber yang satu genre semisal sama-sama membahas horror, gamer, review film, gosip dan lainnya. Karena pembahasan yang ada pasti nyambung sehingga penonton menjadi tertarik. 

Anda sebenarnya bisa bekerjasama dengan youtuber lain yang tidak satu aliran. Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati karena video yang bagus bisa menjadi hancur karena pembahasannya yang tidak jelas. 

Berbayar #7 

Upaya terakhir dan paling mudah dilakukan adalah dengan membayar.  Anda bisa membayar pemilik website untuk memberikan ulasan terhadap video yang dimiliki tentunya dengan menyematkan tautan pada artikel tersebut.

Anda bisa melakukan hal tersebut pada beberapa website sekaligus. Anda juga bisa melakukan hal yang sama kepada pemilik channel platform video lain baik di Youtube dan lainnya. Mereka bisa membuat konten yang berkaitan dengan video yang Anda buat tentu dengan tambahan link yang biasa muncul pada deskripsi video mereka.

Untuk jenis backink berbayar, Anda perlu hati-hati. Karena, ini bertentangan dengan aturan Google Webmaster. Salah sedikit, itu bahkan bisa berdampak buruk pada SEO situs Anda. Ada bahaya dan alasan penting dalam strategi link building jenis ini

Kesimpulan

Backlink building sangat penting untuk menaikkan peringkat video Anda sehingga lebih sering dilihat dan dinikmati penonton. Walaupun demikian, membangun backlink saja tidak cukup. Karena, Anda harus memiliki video yang berkualitas tinggi baik dari isi konten dan resolusinya. Jika tidak, maka dapat dipastikan video Anda akan ditinggalkan.