6 Cara Cerdas Mendapatkan Backlink Organik Tanpa Memakai Uang Sepeserpun

Cara Mendapatkan Backlink Organik
Backlink merupakan hal penting bagi setiap website. Karena, tanpa backlink tersebut maka peringkat situs akan sulit naik di mesin pencari. Oleh karena itu, banyak pemilik website berusaha untuk mendapatkan backlink dari situs lainnya.

Kesimpulan awal, backlink bermanfaat besar sebagai sinyal popularitas dan faktor yang diperhitungkan oleh Google dalam pemeringkatan halaman web.   

Akan tetapi, tautan yang diperoleh tidak boleh sembarangan. Karena, AI Google dapat menilai setiap backlink yang masuk dan menilainya dengan baik. Usahakan untuk mendapatkan backlink dari situs dengan DA (domain authority) dan PA (page authority) yang tinggi sehingga halaman website yang dimiliki dapat meningkat pesat.

Backlink 

Backlink atau yang dikenal dengan tautan merupakan link yang diperoleh dari situs lain yang mengarah kepada situs yang Anda miliki. Backlink ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada website secara signifikan. Salah satu bagian utama dalam upaya meningkatkan SEO website

Akan tetapi, memperoleh backlink ini tidaklah mudah karena orang-orang akan memilih website dengan artikel yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan isinya. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan banyak link dari situs lain, maka buatlah konten berkualitas sebaik mungkin.

Baca juga: Rilis Terbaru: 101 HQ Backlink Gratis Otoritas Tinggi Dofollow  

Beberapa Cara Untuk Mendapatkan Backlink Organik dengan Cerdas 

Melakukan hal ini tidaklah sulit namun membutuhkan kerja keras dan usaha dalam waktu yang lama. Karena, proses membangun backlink tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap mata. Walaupun demikian, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini, yaitu:

Meminta Kepada Pemilik Website Lainnya

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah meminta langsung kepada pemilik situs lainnya. Cara ini sebenarnya sah-sah saja Anda lakukan. Namun, banyak orang yang merasa cara ini tidak berkelas karena meminta langsung kepada orang lain.

Akan tetapi, Anda bisa mengemas permintaan ini dengan baik sehingga terlihat seperti memberikan penawaran kerjasama untuk memperoleh backlink tersebut. Tentunya, Anda harus mencari website yang memiliki topik pembahasan yang sama dengan konten yang dimiliki.

Lalu, berikan komentar yang kemudian mengundang pemilik website untuk mengunjungi situs Anda. Anda bisa memberikan link artikel atau konten menarik yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Nah, setidaknya pemilik situs akan membuka link tersebut dan membaca beberapa artikel Anda. 

Jika mereka tertarik maka nantinya pemilik situs tersebut akan memberikan backlink ke situs Anda.

Broken Link

Cara ini cukup jitu namun Anda membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mencari broken link milik beberapa situs. Walaupun demikian, Anda bisa memakai plugin seperti “check my link” untuk memeriksa hal tersebut.

Ketika memakai plugin ini, Anda harus mencari website yang sesuai dengan niche masing-masing. Cara paling umum adalah memakai keyword. Setelah itu, buka websitenya dan gunakan “check my link”. Nantinya, plugin ini akan menunjukkan berbagai link yang tidak aktif atau link tujuannya sudah hilang.

Setelah itu, Anda menghubungi pemilik website bisa melalui komentar atau email yang mereka sediakan. Isi pesannya bisa berupa betapa menariknya artikel yang ada pada website tersebut. Kemudian, tambahkan bahwa beberapa link tersebut ternyata sudah tidak berfungsi dengan benar. 

Lalu, Anda berikan masukan serta link yang bisa dipakai oleh pemilik website tersebut untuk mengganti link tersebut.

Anda bisa memakai link dari website lain atau dari situs sendiri. Namun, pastikan niche serta pembahasan yang ada relevan. Karena, pemilik website yang bagus pastinya akan memeriksa setiap link yang akan mereka gunakan.

Membuat Konten Menarik dari Sudut Pandang yang Berbeda atau Memiliki Value Lebih

Membuat artikel menarik tidaklah mudah. Karena, tidak ada standar baku yang bisa menentukan mengapa sebuah artikel tersebut menarik. Oleh karena itu, penulis tersebut berusaha membuat artikel semenarik mungkin menurut pemikirannya masing-masing.

Cara paling umum dalam membuat artikel yang menarik adalah melihat salah satu topik dari sudut pandang yang berbeda. Contohnya saja, untuk topik asmara biasanya membahas bagaimana cara agar langgeng, cepat move on dan lainnya. Namun, Anda bisa membahas topik yang sama dari sisi orangtua yang menjalani hubungan asmara tersebut.

Tetapi, Anda juga harus menyadari bahwa topik yang dikira menarik belum tentu menarik bagi beberapa pembaca. Oleh karena itu, tulisan tersebut harus Anda balut dengan penulisan yang baik, mendalam dan pastikan terdapat nilai lebih di dalamnya.

Pastikan, konten artikel yang Anda tulis memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ada dari artikel lainnya. Karena, hal ini akan menjadi daya tarik utama agar para pembaca dapat berlama-lama membaca konten yang ada. Hal ini dapat meningkatkan trafik website sekaligus memancing mereka untuk membuat backlink.

Memakai Gambar atau Infografis

Siapa bilang backlink hanya bisa Anda peroleh dari konten artikel atau video saja. Ternyata gambar serta infografis merupakan cara lain yang terbukti efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Akan tetapi, membuat infografis tidaklah mudah. Karena, Anda harus memiliki skill desain grafis yang baik sehingga hasil akhirnya menarik. Selain itu, informasi yang ada pada infografis tersebut haruslah singkat, padat, jelas, informatif dan bermanfaat bagi pembacanya.

Anda bisa memakai jasa desain grafis untuk membuat hal ini. Sekarang biaya jasa ini tidaklah begitu mahal karena Anda bisa mencari jasa tersebut melalui website freelance yang bertebaran di internet. Tentu, cara paling mudah adalah memakai jasa orang yang Anda kenal. Karena, Anda tahu betul bagaimana kualitas kerjanya.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dari gambar dan foto. Cara ini merupakan yang paling mudah, karena Anda tinggal foto objek yang sesuai dengan topik pembahasan pada konten artikel masing-masing. 

Membangun Internal Link dengan Baik

Jika ingin mendapatkan backlink, maka Anda harus mengatur internal link dengan baik pula. Caranya cukup mudah, pada setiap konten artikel yang ada, Anda input link artikel lain yang dimiliki.

Pastikan setiap artikel memiliki setidaknya 1 internal link. Jika memungkinkan, usahakan link tersebut berkaitan dengan konten yang Anda tulis. Jika tidak, maka beri ruang khusus untuk link tersebut dan sematkan kalimat yang menarik. Semisal

“Baca juga hal menarik tentang game horror: (link)”

Internal lin ini sangat bermanfaat. Karena, situs Anda jadi memiliki struktur artikel yang rapi. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang berkaitan satu sama lain dengan mudah. Efeknya, trafik tidak hanya meningkat, bounce rate website akan menurun serta pembaca yang tertarik akan membuat backlink ke artikel yang mereka sukai.

Promosi

Sekarang terdapat banyak website dengan konten artikel yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda harus mempromosikan situs tersebut dengan baik dan benar. Cara paling mudah adalah dengan menghubungi pemilik website lainnya.

Berilah pembukaan yang menarik dan perkenalkan website Anda dengan singkat. Jangan lupa beri link artikel yang terbaik seperti tips, tutorial dan lainnya. Jika tertarik, mereka pastinya akan membuat konten dengan backlink yang mengarah ke situs Anda.

Namun, tidak setiap orang memiliki waktu untuk membalas email Anda. Karena, yang paling penting adalah mendapatkan link dari website mereka. 

Kesimpulan

Memperoleh backlink dari website lain tentunya tidak mudah. Akan tetapi, hal tersebut dapat Anda peroleh asalkan memakai cara yang tepat. Kemudian, selalu periksa backlink tersebut dengan tool khusus seperti Majestic, Afrefs dan laiinnya agar tautan tersebut dapat Anda pantau dengan mudah.