Apa Itu Backlink Generator

Backlink memiliki peran penting dalam suatu langkah optimasi. Biasanya, untuk mempermudah pengerjaannya, banyak yang memilih menggunakan backlink generator sebagai langkah optimasi. Langkah ini terbilang populer di kalangan blogger untuk membantu menaikkan webnya.

Meski begitu, ada pula yang belum memahami tujuan dari langkah tersebut, pengertian serta cara atau sistem kerjanya. 

Padahal, dengan mengetahui pengertian serta tujuannya penerapannya maka proses yang ingin dicapai akan lebih mudah terlaksana. Untuk itu, berikut ulasannya:

Pengertian Backlink Submitter (Generator)

Backlink generator dikenal dengan istilah mesin untuk membuat backlink atau dikatakan pula sebagai backlink submitter. 

Cara ini banyak dipakai oleh para penggiat SEO untuk pembuatan backlink pada suatu website. Menggunakan cara ini sama halnya dengan memanfaatkan alat otomatis.

Hal tersebut lantaran, link atau url suatu web hanya dimasukkan ke mesin tersebut dan alhasil muncullah link itu ke banyak web lainnya yang terbentuk. otomatis, si pembuat backlink tak perlu repot memasukkannya satu per satu. Backlink yang diinginkan akan tersebar dengan hanya memanfaatkan sekali klik saja.

Backlink submitter atau generator ini merupakan alat atau aplikasi online yang dapat dimanfaatkan secara otomatis untuk menyebar link suatu web ke web lainnya. 

Tentu saja, hasilnya akan lebih cepat tanpa arus bertele-tele dan membuang banyak waktu.

Tujuan Backlink Submitter (Generator)

Cara tersebut banyak dipakai untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencarian Google. Harapannya, dengan banyaknya backlink yang ditautkan ke web lain maka kunjungan pada web tersebut juga akan makin tinggi.

Alasan lainnya yakni dengan alat tersebut, seseorang tak  perlu bersusah payah membuat artikel ataupun membangun backlink profile untuk membuat websitenya menjadi populer. 

Bagaimanapun, cara ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang tak punya banyak waktu guna menjadikan webnya populer.

Walau begitu, cara ini sebenarnya tak disarankan oleh beberapa orang. Hasil yang didapatkan memang instan, tapi ada beberapa kerugian yang bisa saja didapatkan dari cara ini. jadi, butuh pemahaman yang ekstra serta kerja dari orang yang ahli terkait bidang tersebut.

Sistem Kerja Backlink Generatornya

Sistem kerja alat tersebut dibagi menjadi dua bagian. Keduanya terdiri dari ping, RSS submitter dan scrapebox blog, pingback dan trackback. 

Selain itu keduanya juga memiliki cara kerja masing-masing serta kerugiannya. Berikut ulasannya:

1. Ping RSS submitter

Ping RSS submitter yaitu cara yang umum dan banyak digunakan. Cara ini bekerja dengan mem ping url konten atau artikel di suatu web dan dilanjutkan untuk membuatkan rss feed, kemudian dilanjut dengan dipingkan lagi. 

Tentunya dengan begitu, backlink akan secara otomatis dapat muncul sesuai dengan sendirinya.

Meski banyak diminati oleh para penggiat blog dan web, cara ini juga memiliki sejumlah kelemahan. Apabila terlalu sering digunakan dalam web tersebut, maka kemungkinan besar terdeteksi oleh pihak Google pun juga besar. 

Hal ini dapat membuat web tersebut di blacklist dan mengalami penurunan peringkat.

2. Scrapebox Blog, Pingback dan Trackback

Scrapebox blog, pingback dan trackback menjadi cara yang sangat tidak dianjurkan. Meski banyak digunakan oleh web-web di luar sana, namun ternyata cara ini dapat memberikan dampak buruk para ranking website dan berpengaruh pada trafik kunjungan di website.

Resiko tersebut terjadi karena, dengan menggunakan backlink yang didapatkan secara gratisan kemungkinan besar mendapat penalti atau hukuman dari Google juga besar. Akibatnya, penurunan pages ranking di Google juga dapat terjadi.

Hukuman itu masih cukup ringan. Berbeda halnya jika terdapat penghapusan web tersebut dari Google, tentu akan menjadi lebih berat. 

Maka dari itu, pilih alat yang dapat meminimalkan resiko. Pilih cara lain, daripada memakai backlink submitter atau generator yang belum tentu juga keamanannya dan dapat menimbulkan berbagai kemungkinan terburuk pada website.

Baca juga: 101 Daftar Backlink Gratis Dofollow

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan mengenai backlink generator yang dapat membantu para penggiat web untuk memahami alat tersebut. Seringkali, banyak yang hanya ikut-ikutan tanpa memikirkan resiko yang didapatkan. 

Kita semua sepakat bahwa, manfaat backlink sangat vital untuk peringkat sebuah halaman web. Namun, tidak semua backlink memberi dampak yang bagus. Beberapa jenis backlink malah berpotensi memberi racun. 

Dengan adanya pengetahuan di atas, diharapkan dapat membantu dan membuat para penggiat website dapat lebih berhati-hati dalam memanfaatkan sesuatu. Semoga bermanfaat.

 

You May Also Like

7 Cara Ampuh Menaikan Peringkat Video dengan Backlink Building

Sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan Youtube. Platform ini memiliki peran…

5 Cara Mendapatkan Backlink Edu Dan Gov + Bonus 200 Daftar Gratis

Para pengembang website pastinya setuju jika cara mendapatkan backlink edu dan gov…

Contoh Anchor Text, Pengertian dan Jenisnya Untuk Web

Pada saat mengoptimalkan sebuah situs web, anchor pada text berperan penting untuk…

Apa itu Dropmylink dan cara melakukannnya

Akhir-akhir ini, banyak sekali pertanyaan yang diajukan terkait Apa itu Dropmylink dan…