6 Contoh Social Bookmarking Terbaik Untuk Tingkatkan Traffic Website

Contoh Social Bookmarking
Social Bookmarking merupakan situs yang dapat diakses oleh siapa pun, dimana para penggunanya dapat membagikan link menuju website. 

Penggunaan social bookmarking akan sangat bermanfaat untuk mengenalkan sebuah website ke khalayak umum. Tidak hanya itu, sumber daya ini juga menjadi salah satu sumber backlink gratis berkualitas untuk menerapkan strategi SEO Anda. 

Baca juga:

Itu artinya, social bookmarking merupakan faktor salah satu faktor untuk meningkatkan traffic website Anda.  

Contoh Social Bookmarking Terbaik 

Beberapa contoh social bookmarking yang ada dapat diakses dengan mudah, dimana pengguna hanya perlu mendaftarkan e-mail saja.

Layaknya membangun sebuah website, web developer juga harus giat mengunggah konten pada social bookmarking. 

Sebab, dari unggahan konten tersebut nantinya dapat mendatangkan pembaca website. Agar dapat memperoleh informasi lebih jauh. 

Berikut 6 contoh situs penyedia layanan social bookmarking yang dapat digunakan oleh web developer untuk meningkatkan kepopuleran website:

Note: Anda dapat meng-click tautan di social bookmarkting dibawah ini. Dan melihat bagaimana saya membangun strategi link building untuk kebutuhan optimasi website. Ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk dapat diterapkan pada kebutuhan Anda.

1. Twitter

Web developer dapat menemukan topik yang sedang trending dalam Twitter. Social Bookmarking ini memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar opini. Layanan tersebut dapat dimanfaatkan web developer untuk menyampaikan pendapatnya dengan menyertakan link artikel yang relevan. Semakin banyak unggahan tersebut di repost, maka kemungkinan besar website dapat dijangkau banyak pembaca.

Hindari penggunaan link yang berlebihan pada setiap postingan, sebab hal ini tentu akan membuat pengguna lain justru kurang nyaman. Komunikasi yang baik antar sesama pengguna Twitter juga diperlukan guna membangun sebuah relasi. Bukan tidak mungkin, web developer dapat menjangkau pembaca yang luas dengan memanfaatkan social bookmarking Twitter.

2. Pinterest

Situs ini merupakan tempat untuk berbagi gambar atau foto yang unik. Pinterest menjadi salah satu contoh social bookmarking yang direkomendasikan bagi web developer dalam meningkatkan traffic pengunjung. Pengguna Pinterest yang tertarik dengan foto unggahan tidak akan segan berkunjung ke website melalui link yang ditinggalkan pada bagian deskripsi.

Web developer dapat bergabung pada Pinterest dengan mendaftarkan diri menggunakan e-mail. Cobalah untuk mengunggah foto dengan resolusi terbaik agar pengguna lain merasa puas saat melihatnya. 

Sertakan link pada bagian deskripsi foto agar orang-orang dapat berkunjung ke website untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

3. Slashdot

Bagi web developer yang seringkali membahas bidang pengetahuan dan teknologi dapat mencoba bergabung pada Slashdot. Pengguna situs ini dapat menyampaikan opini dengan pembahasan yang jelas agar mudah dipahami. Selain itu, pengguna Slashdot dapat melampirkan link website sebagai pendukung opini yang disampaikan.

4. Reddit

Situs ini memungkinkan para penggunanya dapat mengunggah artikel hiburan maupun berita. Sedangkan pengguna lain berkesempatan untuk memberikan tanggapan atas postingan tersebut. Situs Reddit dapat bermanfaat bagi web developer guna menaikkan popularitas website yang dimiliki. Tanggapan dari pengguna lain akan mempengaruhi peringkat website, sehingga web developer harus mengunggah konten yang berkualitas.

5. Tumblr

Social bookmarking ini menyediakan fasilitas untuk berbagi konten sesama pengguna. Web developer dapat memanfaatkan Tumblr untuk menaikkan jumlah pengunjung website. Mulailah bergabung dengan mendaftarkan e-mail pada situs Tumblr. Kemudian unggah konten multimedia yang unik agar pengguna lain tertarik untuk berkunjung dan membaca artikel pada website lewat link yang tersedia.

6. Viva

Salah satu contoh social bookmarking terpopuler pada mesin pencarian yaitu Viva. Web developer dapat bergabung dalam situs ini dan mengirimkan artikel dengan topik yang menarik. Sertakan link menuju website untuk meningkatkan traffic pengunjung. 

Meski tidak semua artikel diterbitkan, setidaknya web developer dapat mengasah kemampuan menulis dengan mengirimkan artikel berkualitas.

Kesimpulan

Demikianlah 6 contoh social bookmarking terbaik yang akan sangat bermanfaat untuk menaikkan traffic pengunjung. Web developer dapat menyisipkan link pada setiap unggahan dalam social bookmarking. 

Penggunaan link yang berlebihan justru akan dianggap spam oleh Google. Sehingga, akan lebih baik bila social bookmarking digunakan sewajarnya saja.